Saturday, January 21, 2012

Belajar Bersama Mama

Dunia anak-anak itu dunia yang asyik ya teman-teman, kita bisa sepuasnya bermain. Eh tapi jangan lupa belajar juga lho teman-teman, biar pintar dan jadi presiden hehehe. Belajar juga jangan serius, belum waktunya kita sok serius kayak mama-papa. Kita belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar ya? Pokoknya sambil bermain kita menambah wawasan kita sehingga jadi semakin pintar. 

Belajar 1-2-3

Aldi sekarang udah mulai sekolah di playgroup tapi gak tiap hari, dan gak lama-lama, dibatasi sama mama. Kata mama di usia Aldi masih perlu banyak waktu dirumah, kalau sekolah terus nanti cepat bosan, yang penting disekolah ketemu teman-teman sebaya sehingga tau arti berbagi dan bersosialisasi :)

Kalau lagi gak sekolah, Aldi bermain bersama mama dirumah. Hampir sama kayak disekolah, yang kita lakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti bernyanyi, mewarnai, melukis, berdongeng, bermain mainan edukatif sampai buat prakarya. Aldi paling suka kalau mama ngajak main dihalaman rumah, bermain air, bermain pasir, menyiram tanaman dan berkebun. Pokoknya hal-hal yang berbau 'kotor' Aldi suka, karena bebas berekspresi, gak usah takut kotor teman-teman kan bisa mandi setelah bermain.

Mewarnai
Melukis
Kemarin, Aldi habis buat playdough sama mama, playdough ini bisa dibentuk-bentuk, mengasah motorik dan imajinasi kita. Kalau bikin sendiri lebih asik lho teman-teman, bisa mengasah kreatifitas dan tentunya bahannya aman karena terbuat dari bahan alami. Ini mama share sama teman-teman cara buat playdough :

Bahan :
- 2 gelas tepung terigu
- 1 gelas garam halus
- 2-3 sdm minyak goreng/minyak zaitun
- 2 sdm maizena
- 1 gelas air
- pewarna makanan : nanas, jeruk, pandan, strawberry, cokelat, dsb

Cara Buat:  
1. Masukkan tepung terigu, maizena, dan garam dalam 1 baskom. Beri air sedikit demi sedikit, uleni sampai adonannya lembut dan seperti karet.
2. Beri minyak, uleni lagi sampai benar-benar lembut.
3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. masing-masing bagian diberi 1-2 tetes pewarna, uleni sampai tercampur rata.
4. Simpan di tempat yang sejuk 

Tips : Karena playdough ini mudah keras, simpan di tempat sejuk. Bila mengeras, dan ingin dimainkan kembali teteskan minyak sampai lembut kembali.

Kemarin Aldi buat yang warna kuning (jeruk) dan merah (strawberry). Wuih seru deh teman-teman, dapur mama sampai berantakan, baju Aldi juga belepotan terigu hihihi, tapi karena ini proses belajar
mama santai aja. Playdough ini kalau kemakan gapapa, kan dari terigu, lebih aman daripada beli diluar yang dari bahan sintetis. Setelah selesai dibuat, dibentuk-bentuk deh sama Aldi. Seru kan teman-teman, ayo kita bermain sambil belajar ^_^

Bermain playdough

No comments:

Post a Comment